Monash University Buka Kampus di Jakarta, Ini Harapan Mendikbud Nadiem

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 21:37 WIB
Pemerintah berencana menghimpun anak-anak Indonesia ke dalam satu wadah. Wadah itu bernama Manajemen Talenta Nasional (MTN).
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengaku senang karena Monash University Australia akan buka kampus di Jakarta. Dia berharap Monash Indonesia bisa menjadi mitra ke depan di bidang pendidikan.

"Itu kami senang banget mendengar kabarnya dari situ. Bapak presiden sudah meng-announce ya, jadi harapannya kita akan memfasilitasi berbagai macam kemitraan antara universitas asing dan Indonesia juga," kata Nadiem di Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).

Lebih lanjut Nadiem mengatakan Monash University akan fokus dalam jenjang Master atau S2 dan PhD atau S3. Menurut Nadiem, kemitraan universitas lokal dengan Monash University dalam bidang penelitian dapat meningkatkan ranking perguruan tinggi di Indonesia.

"Karena itu kan S2, S3 mereka. Jadinya malah research partnershipnya sama universitas lokal banyak sekali. Mereka itu akan berkolaborasi dan kalau research itu berkolaborasi dengan kita. Ranking daripada universitas kita juga bisa naik," ujar Nadiem.

Seperti diketahui, Monash University Australia akan membuka kampus di Indonesia. Pembangunan universitas itu telah mendapat persetujuan dari Pemerintah Indonesia.

Monash Indonesia rencananya akan dibangun di Jakarta dan akan menjadi kampus pascasarjana dengan menawarkan gelar Master dan PhD serta program eksekutif dan kerdensial mikro. Disebutkan, pembangunan Monash University di Tanah Air juga sebagai bentuk hubungan baik bilateral antar RI-Australia.

(idn/idn)