Round-Up

Gibran Vs Purnomo di Kandang Banteng Ibu Kota

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 20:30 WIB
Gibran bersama Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa jalani uji kelayakan dan kepatutan terkait Pilkada Solo. Kegiatan itu dilakukan kantor DPP PDIP, Jakarta.
Achmad Purnomo (tengah) dan Gibran Rakabuming (kanan) (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo hari ini bertandang ke Jakarta. Keduanya menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan bakal calon Wali Kota Solo di DPP PDI Perjuangan (PDIP).

Gibran dan Purnomo tiba di kantor partai berlambang kepala banteng moncong putih itu di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 12.00 WIB, Senin (10/2/2020). Datang terpisah, keduanya tampak kompak berseragam merah PDIP.

Usai makan siang, Gibran dan Purnomo pun menjalani fit and proper test secara terpisah. Fit and proper test berlangsung sekira satu jam. Salah satu pertanyaan yang dilontarkan dalam uji kepatutan adalah soal visi-misi untuk Kota Solo.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan aspirasi masyarakat juga menjadi salah satu aspek penilaian dalam fit and proper test yang digelar tertutup ini. Selain itu, akan dilihat komitmen dan cara kepemimpinan para bakal calon tersebut.

"Hari ini kami sesuai arahan Ibu Megawati Soekarnoputri mengadakan fit and proper terhadap calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta. Sebagaimana kita ketahui, Kota Solo itu juga penting dan strategis karena proses kepemimpinan Pak Jokowi juga berasal dari Solo dan di situ merupakan a heart-nya banteng di Jawa tengah dan Indonesia sehingga fit and proper test dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan mekanisme partai," Kata Hasto di DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/2).

Sejumlah pengurus pun menjadi penguji dalam fit and proper test tersebut. Di antaranya Ketua DPP bidang penanganan pemilu Bambang Wuryanto, Ketua DPP bidang ideologi Djarot Syaiful Hidayat, Ketua DPP bidang perindustrian Nursiwan, serta Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Selanjutnya
Halaman
1 2