Cerita Peserta JKN-KIS Lahiran Caesar Dua Anak Kembar Tanpa Biaya

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 20:00 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Ineu Rahmawati (26) mengaku selalu memanfaatkan kepesertaan di Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk berobat. Selama itu pula ia mengatakan tidak pernah mengeluarkan biaya, termasuk saat caesar dua anak kembarnya.

"Alhamdulillah program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini telah banyak membantu. Dulu waktu lahiran si kembar di Rumah Sakit Immanuel Kota Bandung, saya menjalani proses caesar menggunakan kartu JKN-KIS dan semuanya gratis. Bukan hanya itu manfaat yang saya dapatkan, pelayanannya pun baik tidak merasa dibedakan," ucap Ineu dalam keterangan tertulis, Senin (10/2/2020).

Ineu mengatakan kartu JKN-KIS ini ia dapatkan dari suaminya sebagai pekerja di salah satu perusahaan tekstil di kawasan industri Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Ia juga mengungkapkan rasa syukurnya setelah beberapa kali berobat menggunakan kartu JKN-KIS. miliknya saat berkunjung ke Klinik dr Atjep Lesmana pada Jumat (7/2/2020) lalu.

Menurut Ineu, selama ia mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, ia tidak pernah sekalipun mengeluarkan biaya karena semua sudah ditanggung oleh program JKN-KIS. Sejak dulu, ia selalu menggunakan kartu JKN-KIS miliknya di kala berobat, baik buat dirinya maupun suami serta anak-anaknya.

Terbaru, ia memanfaatkan kartu JKN-KIS untuk berobat ke klinik yang ia pilih sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk anak kembarnya sedang sakit. Ia mengaku kini tidak perlu memikirkan biaya lagi saat hendak berobat.

"Sudah 3 hari ini, Hafijah demam makanya saya datang ke sini. Kata dokter hanya sakit flu saja, jadi bisa dirawat di rumah. Saya kalau berobat juga merasa tenang, tidak banyak pikiran apalagi dulu waktu di caesar, sempat kepikiran biayanya dari mana, karena setahu saya di caesar itu mahal biayanya sampai belasan juta masa saya harus pinjam kesana kemari terpaksa berhutang. Tapi alhamdulillah nyatanya semuanya gratis dan sampai sekarang saya merasa tenang dan tidak perlu berhutang," ujarnya.

"Selama berobat ke sini, saya merasa puas dilayani dengan petugas yang ramah, dokternya komunikatif ketika ada keluhan rasa sakit. Saya merasa jawaban dari dokter sangatlah memuaskan, ditambah lagi dengan sistem pendaftaran mandiri sehingga tidak perlu lama lagi mengantre," pungkasnya.

Tonton juga Rizal Ramli Sebut BPJS Dibentuk Dengan Keterpaksaan :

[Gambas:Video 20detik]

(akn/ega)