Muhammadiyah soal Terowongan Istiqlal-Katedral: Toleransi Basa-basi

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 14:15 WIB
Untuk pertama kalinya sejak berdiri 41 tahun silam, Masjid kebanggaan Indonesia ini melalukan renovasi besar-besaran. Seperti apa penampakan terkininya?
Bangunan Gereja Katedral dilihat dari Masjid Istiqlal yang tengah direnovasi. (Rengga Sancaya/detikcom)

Dia pun mengatakan ide soal hal-hal simbolis semacam terowongan ini perlu diperhatikan lagi. Abdul menyebut infrastruktur sosial yang baik justru akan lebih berdampak pada penguatan rasa toleransi di masyarakat.

"Sehingga sepanjang kita ini berhasil membangun infrastruktur sosial. Terutama menyangkut sikap terbuka, toleransi, dan saling hormati, saya kira yang sifatnya simbolis seperti itu mungkin dilakukan berbeda saja," tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan lampu hijau terkait pembangunan terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Terowongan itu akan dinamai terowongan silaturahmi.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi setelah meninjau proyek renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (7/2/2020). Jokowi mengaku mendapatkan masukan mengenai pembangunan terowongan tersebut.

"Tadi ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. Tadi sudah saya setujui sekalian, sehingga ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi," kata Jokowi.

Halaman

(dhn/tor)