Brompton Dirazia Polisi, Ini Prosedur Panjang Dapat SNI

Andi Saputra - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 12:17 WIB
Sepeda Brompton
Sepeda Brompton (ari/detikcom)
Jakarta -

Polisi melakukan razia sepeda premium Brompton karena tidak mengantongi logo Standar Nasional Indonesia (SNI). Bagaimana cara meng-SNI-kan Brompton, apakah pengujinya harus datang ke pabrik Brompton di London, Inggris?

Kewajiban ber-SNI itu sesuai Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 30 Tahun 2018 tentang Pemberlakukan Standar Nasional Indonesia Sepeda Roda Dua Secara Wajib. Dalam Permenperin itu, kewajiban meng-SNI-kan ada di tangan importir.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari indonesia.go.id, Senin (10/2/2020), prosedur SNI itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) 102 Tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional. Dalam PP 102/200 itu diatur waktu uji hingga penguji harus datang ke pabrik.

Berikut ini adalah cara atau prosedur untuk mengurus atau mendapatkan label SNI.

1. Mengisi Formulir Permohonan

SPPT merupakan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI.

Langkah pertama, ada harus mengisi formulir Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT). Pada prosesnya, saat mengisi, Anda akan membutuhkan beberapa dokumen sebagai lampiran, yaitu:

a. Fotokopi sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 yang dilegalisasi.
b. Sertifikat dari LSSM negeri asal produk yang sudah punya perjanjian saling pengakuan dengan KAN, ini jika produk tersebut adalah produk impor yang berasal dari luar negeri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4