Cegah Banjir Underpass, PPK Kemayoran Akan Uji Coba Alihkan Air Saat Hujan

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 10:27 WIB
Cegah Banjir Underpass, PPK Kemayoran Akan Uji Coba Alihkan Air Saat Hujan Deras
Foto: Jefrie/detikcom
Jakarta -

Pusat Pengelolaan Kompleks (PPK) Kemayoran akan menutup akses air yang mengalir ke arah underpass Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), jika hujan deras turun. Hal ini akan diujicobakan untuk mencegah underpass terendam banjir lagi.

"Antisipasi kami air masuk ke underpass. Karena ini underpass terlalu bawah, kami antisipasi supaya air nggak semua masuk ke sini," kata Koordinator Sewa Kelola PPK Kemayoran, Jumhana, kepada detikcom di dekat underpass Kemayoran, Jalan HBR Motik, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).


Jumhana berharap strateginya mengalihkan aliran air, sekalipun underpass tergenang, bisa memaksimalisasi kerja pompa menyedot genangan. "Biar mesin kami berjalan, penyedotan-pembuangan berjalan, nggak terlalu kayak kemarin yang lalu sampai ke atas kan (airnya, red)," sambung dia.

Jumhana menjelaskan air nantinya akan dialihkan ke Jalan HBR Motik yang berada di atas underpass Kemayoran ini, saat hujan turun deras. Rekayasa jalur air ini, lanjut Jumhana, merupakan ide baru.

"Ini (pompa penyedot air, red) jalan terus. Kalau nggak hujan bareng, cepet. Tapi kalau barengan hujan, di sini hujan, di sini juga penuh, ya itu tidak bisa mendorong air dari sini, malah berbalik karena mesin kita kan cuma 3 tuh," ujar Jumhana.

Simak Video "Penampakan Banjir di Underpass Kemayoran Surut, Sisakan Lumpur"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2