Apa Saja Amalan dalam Islam agar Anak Saleh dan Cerdas?

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 05:14 WIB
muslim mother help her young daughter to put the scarf on before pray
Amalan orang tua untuk mendapatkan anak saleh. Foto: iStock
Jakarta -

Selain memberikan pendidikan yang layak, orang tua juga perlu melaksanakan beberapa amalan dan berdoa kepada Allah SWT. Apa saja amalan dalam Islam agar anak saleh dan cerdas?

Meminta doa anak saleh ini ternyata juga dilakukan oleh Nabi Ibrahim as. Meskipun beliau adalah seorang nabi berpredikat ulul azmi dan kekasih Allah saja tetap memohon doa untuk diberikan keturunan yang saleh.

Allah SWT berfirman:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (QS. Al-Baqarah: 152)

Tentunya mendidik dengan benar, memonitoring pergaulan anak, memberikan rezeki yang halal, menjadi orang tua sebagai teladan yang baik dan selalu berdoa kepada Allah SWT.

Selain itu Ustaz Yusuf Mansur juga memberikan beberapa amalan-amalan yang dapat kita lakukan secara konsisten untuk mengharapkan ridha Allah SWT agar anak- anak kita kelak menjadi anak yang sukses dunia akhirat.

"Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 100 kali setiap malam," ujar pendiri pondok pesantren Daarul Qur'an dan Qubah kepada detikcom (07/02).

Beliau mencontohkan, ada satu ibu yang berusaha membangkitkan anaknya dari keterpurukan dengan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 100 kali setiap malam tanpa henti. "MasyaAllah, anaknya bangkit bisa buka pabrik, menjabat jadi walikota dan presiden," ungkap Ustaz Yusuf Mansyur.

Cerita lain, ada seorang ibu yang mengamalkan surat Ar-Rahman. "Sejak kecil ibu ini mengusap kepala anak-anaknya sambil membaca surat Ar-Rahman. Anak-anaknya berhasil mendapatkan pendidikan terbaik hingga melanjutkan sekolah S2 dan S3 di Turki," cerita Yusuf Mansyur.

Surat Ar-Rahman berisi tentang segala nikmat Allah yang sangat banyak terhadap makhluknya. Sehingga mengingatkan kita untuk selalu memiliki sifat yang penuh kasih sayang pada Allah dan makhluknya.

Beberapa orang lainnya juga memilih untuk bershalawat. "Kalau orang tua memiliki satu amalan jagoan pasti sukses. Misalnya puasa sampe tajem, apalagi amalan ini dilakuin pas anak masih kecil. Wah kesempatan banget," pungkasnya.

Bersedekah dan mencintai anak yatim juga menjadi amalan yang dahsyat. "Kalau bisa angkat anak yatim dua. Satu anak utnuk memproteksi keburukan dan satu anak lainnya untuk memunculkan kebaikannya," pesan Ustaz Yusuf Mansyur agar menjadikan anak-anak saleh.

(lus/erd)