Sandiaga Curhat Kegagalan di Pilpres 2019 ke Kaum MIilenial

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Minggu, 09 Feb 2020 18:29 WIB
Sandiaga Uno.
Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta -

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno, menceritakan pengalaman kegagalannya memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Cerita itu dia bagikan kepada anak-anak muda yang menjadi peserta diskusi 'How To Be Millennial Entrepreneur' di acara Edutech 2020.

Awalnya, Sandiaga menyampaikan kiat-kiat menjadi seorang pengusaha yang sukses. Dia menyatakan orang yang ingin sukses harus fokus dalam bidang usaha yang digelutinya.

"Pertama-tama fokusnya. Hal sangat mudah yaitu ke hal-hal yang sangat kita sukai. Usaha itu yang harus kita sukai, jadi nggak akan kita pernah bosan," kata Sandiaga di acara di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (9/2/2020).

"Misalnya usahanya dia suka main e-sport, usahanya EO untuk e-sport, dia akan senang kerjain itu karena itu hal yang dia suka," sambungnya.

Sandi menyebut kiat sukses yang berikutnya yakni belajar dari pengalaman dan pro aktif. Kemudian berani mengambil risiko dan tidak takut gagal.

Di sinilah Sandi mulai menceritakan kegagalannya saat maju di Pilpres yang lalu. Dia menyebut tidak boleh takut dengan kegagalan karena kegagalan merupakan tangga untuk kesuksesan.

"Saya beberapa kali gagal, tahun lalu saya gagal total, he-he-he.... April 2019 kalau semua pada ingat, saya menemui kegagalan tapi apakah saya merasa terpuruk? Apakah saya merasa malu?. Tadi ada yang bilang malu, heh selama kita nggak korupsi, selama kita berjuang untuk NKRI nggak boleh kita malu," ungkap Sandi.

Tonton juga Prabowo Singgung 'Senyum Kecut' Sandi saat Bahas Utang Usai Pemilu :

Selanjutnya
Halaman
1 2