Australia Apresiasi Bantuan Indonesia dalam Penanganan Karhutla

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Feb 2020 14:51 WIB
Australia Apresiasi Bantuan Indonesia dalam Penanganan Karhutla
Foto: Dok. Biro Pers Setpres
Canberra -

Australia memberikan apresiasi atas bantuan Indonesia dalam bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di negaranya. Apresiasi itu disampaikan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan diplomatik ke Canberra.

"Kita sangat berterima kasih untuk bantuan Indonesia dalam menghadapi kebakaran hutan di Australia dengan pengiriman lebih dari 30 insinyur angkatan bersenjata untuk berkontribusi pada Operation Bushfire Assist (Operasi Penanganan Kebakaran Hutan)," ucap Gubernur Jenderal Australia David Hurley di Government House, Canberra, Australia, dalam keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (9/2/2020).

Hurley menuturkan bantuan dari Indonesia merupakan tanda persahabatan kedua negara. "Pada saat kita memerlukan, negara Anda membantu negara kami, itulah tanda bagi sebuah persahabatan yang sejati," imbuhnya.

Hal itu disampaikan Hurley dalam acara jamuan santap siang kenegaraan. Acara makan tersebut adalah bagian dari rangkaian kegiatan penyambutan Presiden Jokowi.

Jokowi dalam kesempatan itu menyatakan ini kunjungan pertamanya ke Canberra, yang bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatik antar kedua negara ini. Jokowi juga menuturkan dia melakukan perjalanan ke Canberra di tengah kegemparan dunia menghadapi virus Corona.

"Kunjungan ini saya lakukan pada saat situasi dunia sedang tidak menentu dan dipenuhi berbagai macam tantangan, termasuk merebaknya virus Corona akhir-akhir ini," kata Jokowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2