Banjir di Kampung Pulo Jaktim Surut, Pompa Tetap Siaga

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 09 Feb 2020 08:58 WIB
Banjir di Kampung Pulo Jaktim surut pada Minggu (9/2) pagi
Banjir di Kampung Pulo Jaktim surut pada Minggu (9/2) pagi (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

Banjir yang melanda kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur, surut pagi ini. Pompa penyedot air di lokasi tersebut masih tetap disiagakan.

Pantauan detikcom di RT 5 RW 3 Kampung Pulo, Jakarta Timur, Minggu (9/2/2020) sekitar pukul 08.05 WIB, sudah tidak ada genangan yang terlihat di lokasi. Banjir disebut sudah surut sejak pukul 05.00 WIB pagi tadi.

"Jam 05.00 tadi sudah mulai surut, kondisi saat ini aman terkendali," operator pompa Kampung Pulo dari Sudin SDA Jakarta Timur Muhammad Zuliansyah saat ditemui di lokasi.

Wilayah RT itu berlokasi paling dekat dengan pompa I dan disebut paling terdampak banjir. Zuliansyah menyebut pompa di lokasi akan tetap disiagakan meski banjir sudah surut.

"Kalau di pompa nomor 1 ini pompa mobil stand by. Kita stand by-in terus pompanya," ujar Zuliansyah.

Sebelumnya, kawasan Kampung Pulo sempat terendam banjir pada Sabtu (8/2). Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur mengerahkan sejumlah pompa untuk menyedot air.

Di rumah pompa air Kampung Pulo terdapat dua pompa mobile dari Sudin SDA Jaktim dikerahkan. Dua pompa mobile tersebut membantu satu pompa air dari rumah pompa yang sebelumnya mulai beroperasi dari pukul 00.00 WIB.

"Di Kampung Pulo ada 5 rumah pompa, itu ada pompa stationer, pompa tidak bergerak. Itu kami ada 8 mesin pompa. Di rumah pompa I ada 2 pompa air, di rumah pompa II ada 1 pompa, di rumah pompa III ada 1, di rumah pompa IV ada 2, di rumah pompa V ada 1 pompa air," kata operator pompa Sudin SDA Jaktim Zuliansyah, Sabtu (8/2).

Simak Video "Anies Klaim Sudah Antisipasi Genangan Air di Jakarta"

[Gambas:Video 20detik]

(azr/azr)