Kampung Pulo Masih Tergenang, Sudin SDA Targetkan Surut Malam Ini

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 08 Feb 2020 20:18 WIB
Suasana di Kampung Polo, Jakarta Timur.
Suasana di Kampung Polo, Jakarta Timur. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, masih tergenang malam ini. Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur mengerahkan sejumlah pompa untuk menyedot air.

Pantauan detikcom pukul 19.28 WIB, Sabtu (8/2/2020), di rumah pompa air Kampung Pulo terdapat dua pompa mobile dari Sudin SDA Jaktim dikerahkan. Dua pompa mobile tersebut membantu satu pompa air dari rumah pompa yang sebelumnya mulai beroperasi dari pukul 00.00 WIB.

"Di Kampung Pulo ada 5 rumah pompa, itu ada pompa stationer, pompa tidak bergerak. Itu kami ada 8 mesin pompa. Di rumah pompa I ada 2 pompa air, di rumah pompa II ada 1 pompa, di rumah pompa III ada 1, di rumah pompa IV ada 2, di rumah pompa V ada 1 pompa air," kata operator pompa Sudin SDA Jaktim Zuliansyah di lokasi.


Zuliansyah menuturkan pihaknya mulai bekerja sebelum air kiriman dari Bogor datang di Kampung Pulo. Operator mulai berjaga-jaga sejak Jumat (7/2) malam.

"Semalam kejadian hujan deras jam 12 malam. Katulampa dan Depok naik. Nah, ketika air sampai Ciliwung, kita sudah pompa. Jadi, sebelum air datang, kami sudah standby semua, dari Sudin sudah antisipasi," kata Zuliansyah.

"Cuma kan Subuh hujan lagi sampai pukul 09.00 WIB pagi reda. Akhirnya namanya alam, nggak bisa kita lawan," sambungnya lagi.


Zuliansyah menjelaskan rata-rata ketinggian banjir di Kampung Pulo hari ini mencapai 40 cm. Namun hingga malam ini ketinggian banjir tinggal menyisakan 10-15 cm saja. Pihaknya terus melakukan penyedotan dengan harapan pukul 20.00 WIB banjir sudah surut sepenuhnya.

"Alhamdulillah, ini sudah semata kaki ya. Semoga ini cuaca cerah, nggak hujan lagi. Kami mau kejar sampai jam 20.00 WIB insyaallah selesai," sebut Zuliansyah.

(idh/idh)