Jakarta Banjir di Sejumlah Titik, Anies Cek Pintu Air Manggarai

Indra Komara - detikNews
Sabtu, 08 Feb 2020 09:02 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan. (Foto: Satria/detikcom)
Jakarta -

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta sejak tengah malam. Gubernur DKI Anies Baswedan mengecek pintu air Manggarai.

Anies melakukan tinjauan pada Sabtu (8/2/2020) pagi. Kegiatannya itu dibagikan melalui video singkat di akun resmi media sosial Instagramnya @aniesbaswedan.



Eks Mendikbud itu terlihat mengenakan kemeja putih dibalut dengan jaket berwarna merah, serta celana jins. Anies didampingi oleh Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yusmada.

Dalam video itu, Anies tampak berbincang. Anies juga menyaksikan ketinggian air di Pintu Manggarai.

Dari informasi yang disampaikan BPBD DKI Jakarta, tinggi muka air di Pintu Air Manggarai berstatus siaga 3 pada pukul 04.00 WIB. Kemudian pada pukul 08.11 WIB, seperti yang diunggah dalam video Anies, status Pintu Air Manggarai menjadi siaga 2.

Seperti diberitakan sebelumnya, 21 titik di wilayah Jakarta tergenang banjir. Kepala BPBD DKI Jakarta, Subejo mengatakan seluruh genangan diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi. Tiap-tiap daerah memiliki ketinggian yang berbeda-beda.



Berikut adalah data jumlah titik genangan di jalan dari BPBD:

Jakarta Pusat: 5 titik, ketinggian 10 sampai 60 cm.

Jakarta Utara: 4 titik, ketinggian 10 sampai 30 cm.

Jakarta Barat: 1 titik, ketinggian 10 sampai 30 cm.

Jakarta Selatan: 1 titik, ketinggian 20 sampai 30 cm.

Jakarta Timur: 5 titik, ketinggian 5 sampai 100 cm.

(idn/fai)