Nggak Biasa! Rafflesia Arnoldii Ini Tumbuh Menggantung di Pohon

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 20:09 WIB
Rafflesia arnoldii mekar menggantung di Kabupaten Kaur, Bengkulu (Instagram @antonywiliamwiliam)
Foto: Rafflesia arnoldii mekar menggantung di Kabupaten Kaur, Bengkulu (Instagram @antonywiliamwiliam)
Jakarta -

Tak seperti umumnya, bunga rafflesia arnoldii ini tumbuh menggantung. Padahal, pada umumnya, rafflesia tumbuh di tanah.

"Tadi selesai cek lokasi langsung kita posting. Baru mekar Kamis (6/2) malam. Itu di tanah desa, di pinggir perkebunan masyarakat," kata Ketua Komunitas Pemuda Peduli Wisata (Peliwista) Bengkulu, Antony Wiliam, saat dihubungi, Jumat (7/2/2020).

Antony mengatakan rafflesia itu ditemukan di Desa Ulak Bandung, Kecamatan Muara Sahung, Kabupaten Kaur, Bengkulu. Dia mengatakan di Desa Ulak Bandung ada 12 titik konservasi Rafflesia yang ditetapkan pemerintah.

Antony mengatakan rafflesia yang ditemuinya itu ada di ketinggian 10 meter. Bunga berwarna merah itu di-posting di akun Instagram pribadinya, @antonywiliamwiliam.

Nggak Biasa! Rafflesia Arnoldii Ini Tumbuh Menggantung di PohonBunga itu tumbuh menggantung di ketinggian 10 meter (Instagram @antonywiliamwiliam)

"Jadi rafflesia jenisnya ada tiga. Kalau yang itu jenisnya arnoldii. Perbedaan warnanya lebih merah di bagian kelopak," ucapnya.

Antony mengatakan bunga rafflesia tumbuh dan mekar tidak kenal musim. Namun, untuk rafflesia yang mekar dalam posisi menggantung merupakan fenomena yang jarang terjadi.

"Semuanya memang bisa menggantung, tapi memang yang menggantung ini 1001, sangat jarang. Mayoritas itu mekar di atas tanah," kata dia.

(jbr/fdn)