Fadli Zon Kritik Jokowi Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 15:34 WIB
Fadli Zon
Fadli Zon (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menolak rencana pemulangan 600 orang eks ISIS yang mengaku sebagai WNI meski dia mengatakan hal tersebut perlu dirapatkan lebih jauh. Anggota Komisi I DPR Fadli Zon menyebut sikap Jokowi tidak tepat.

"Menurut saya sih tidak tepat karena, bagaimanapun, mereka adalah WNI. Kita harus mengambil satu kajian, lihat satu per satu persoalannya seperti apa. Ini kan 660-an orang, kalau tidak salah, ada juga mereka itu korban," kata Fadli Zon kepada wartawan, Kamis (6/2/2020).

Fadli menilai pemerintah harus mengembalikan eks ISIS yang mengaku WNI ke jalan yang benar andai mereka benar-benar ingin pulang. Dia meminta Jokowi tak mengedepankan perasaan dalam isu ini.

"Kalau memang mereka mau kembali, harus kita kembalikan ke jalan yang benar sebagai warga negara. Jadi jangan begitulah. Jangan memakai perasaan, tapi lihat secara kasuistis," jelas Fadli.

Namun, menurut Fadli, penolakan pemulangan 'WNI eks ISIS' bisa dilakukan dengan pengecualian. Orang-orang yang secara sadar melakukan terorisme bisa diabaikan.

"Kecuali mungkin orang-orang yang memang secara sadar, secara ini melakukan tindakan-tindakan yang sudah betul-betul merugikan banyak orang terorisme dan sebagainya. Tapi banyak juga dari mereka yang terbawa-bawa saja. Bahkan yang keluarganya itu tidak tahu apa-apa," sebut Fadli.

Simak Video "Jokowi Ogah Pulangkan Eks ISIS, Fadli Zon: Ada Juga yang Korban"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2