Jokowi: Renovasi Total Masjid Istiqlal Pertama Sejak 41 Tahun, Hati-hati

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 10:08 WIB
Presiden Jokowi di Kecamatan Sukajaya, Bogor.
Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan renovasi besar-besaran Masjid Istiqlal pertama kali dilakukan sejak 41 tahun lalu. Renovasi ini menelan biaya Rp 475 miliar.

"Renovasi total Masjid Istiqlal sudah dimulai tahun lalu. Kita harapkan nanti sebelum Ramadhan sudah selesai sehingga bisa dipakai. Ini adalah renovasi besar sejak 41 tahun yang lalu," ujar Jokowi di lokasi, Jakarta Pusat, Jumat (7/2/2020).

Sejak diperintah Jokowi, PUPR mulai melakukan renovasi secara besar-besaran pada Mei 2019. Tidak hanya bagian dalam masjid, tapi juga lanskapnya diubah agar jadi lebih baik.

"Rp 475 miliar yang dipakai untuk memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, lightning, sound system, semuanya. Menambah basement yang di depan, parkirnya basement-nya ditambah sehingga nanti parkir tidak masuk ke sini," kata Jokowi.

"Juga pembangunan landskap di luar, bukan hanya interior, eksterior, semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkaran Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi," dia menambahkan.

Jokowi yakin renovasi Masjid Istiqlal selesai pada April 2020, sehingga bisa dipakai saat bulan Ramadhan. Jokowi juga menekankan renovasi dilakukan secara hati-hati.

"Tapi banyak hal yang memang tidak bisa dikerjakan karena heritage. Ini adalah warisan pusaka sehingga pengerjaannya harus hati-hati, tidak boleh merusak," kata Jokowi.

Simak Video "Masjid Istiqlal Direnovasi, Jokowi Minta Semua Kelar Sebelum Puasa!"

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/zlf)