Dua Makna di Balik Pernyataan Anies yang Kerap Bertemu Cawagub Riza Patria

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 07:06 WIB
Para peserta Munas XVI HIPMI mengikuti jamuan makan malam di Balaikota, Jakarta, Minggu (15/9). Acara ini juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Anies Baswedan (Foto: hipmi)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku kerap bertemu dengan Cawagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di berbagai acara. Pengamat politik Hendri Satrio menilai ada dua makna di balik pernyataan itu.

Pertama, makna positif. Anies dinilai happy dengan keberadaan Riza.

"Artinya si Mas Anies happy dengan keberadaan Pak Riza, kan bisa diartikan macam-macam," kata Hendri saat dihubungi detikcom, Jumat (7/2/2020).

Kedua, makna negatif. Hendri menilai, pernyataan itu bukan berarti Anies menginginkan Riza sebagai pasangannya. Sebab, menurut dia, Anies akan lebih memilih wagub yang tak memiliki asa menjadi gubernur.

"Kalau kemudian anies bilang dia lebih sering ketemu, nah itu belum berarti bahwa Anies sudah menginginkan Riza Patria karena yang diinginkan Anies menurut saya adalah wakil gubernur yang save buat dia juga. artinya si wakil gubernur ini tidak ingin menjadi gubernur suatu saat nanti. Jadi Anies ini memilih wagub yang tidak punya asa begitu," tuturnya.

"Nah, kalau dia sering ketemu Riza di acara-acara bisa saja dia mengartikan bahwa Riza ini juga kenal hal-hal seperti itu. Hal-hal yang kaitannya dengan panggung politik. Jadi itu arti negatif. Kalau negatif itu justru dia takut Riza ingin mendapatkan panggung yang sama dengan dia. Anies ini panggungnya harus sendiri, dia nggak boleh dibarengin panggungnya," imbuh Hendri.