Kisah JB Sumarlin yang Pernah Menyamar Buat Berantas Pungli

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 17:47 WIB
JB Sumarlin
Foto: JB Sumarlin (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Menteri Keuangan era Presiden Soeharto, Johannes Baptista Sumarlin tutup usia hari ini. Sebelum menjabat sebagai Menkeu, JB Sumarlin pernah menjadi Menteri Negara Penertiban Aparatur Negara. Ada kisah menarik ketika dia mengemban jabatan ini.

Sebagaimana dikutip dari laman Kemenkeu, JB Sumarlin dilahirkan di Blitar pada tanggal 7 Desember 1932. Sebelum menyandang nama JB Sumarlin, nama pertamanya adalah Katoebin. Nama Katoebin diambil karena peristiwa kelahirannya. Sebuah kepanjangan dari Akad-akad metu neng sabin. Jika diartikan, 'lahir di sawah pada hari Minggu'. Nama yang menandakan proses kelahirannya. Selama 3 tahun usianya sejak lahir, Katoebin ternyata sering sakit-sakitan hingga akhirnya namanya diganti menjadi Johannes Baptista Sumarlin.


Usai menamatkan pendidikan menengahnya, Sumarlin kemudian menempuh pendidikan S1 Ekonomi di Universitas Indonesia. Gelar sarjananya diraih tahun 1958. Lalu melanjutkan pendidikan S2 di Universitas California Amerika Serikat (AS) dan pendidikan S3-nya ditempuh di Universitas Pittsburg AS.

Mulanya Sumarlin merintis karirnya sebagai dosen. Barulah kemudian ia memilih masuk ke pemerintahan. Jabatan pertama yang ia emban saat itu ialah Menteri Negara Penertiban Aparatur Negara Indonesia.

Selanjutnya
Halaman
1 2