Monas Ditolak, Anies: Tim Rute Formula E-Bina Marga Akan Cek Beberapa Tempat

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 16:55 WIB
Anies Baswedan meresmikan pembangunan sky bridge Stasiun MRT ASEAN. Jembatan layang itu akan hubungkan Stasiun MRT ASEAN dengan Halte TransJakarta CSW.
Anies Baswedan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tim rute dari Formula E mendarat di Ibu Kota sore ini. Tim rute dan Dinas Bina Marga DKI akan mengecek beberapa tempat setelah Setneg menolak Monas dijadikan lokasi balapan.

"Tim rute datang sore ini. Jam setengah 6 nanti mereka mendarat kemudian mereka akan langsung melihat beberapa tempat bersama dengan tim dari Bina Marga, tim dari Jakpro dan executive committee-nya," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Anies Baswedan menyebut pihaknya tidak ikut menggambar rute Formula E. Pengecekan lokasi baru balapan Formula E menurut Anies harus dilakukan ahli karena itu sulit, menyangkut beberapa faktor, seperti jumlah belokan hingga elevasi.

Anies belum bisa memastikan rute Formula E nantinya bakal seperti apa. Ditanya apakah rute Formula E bakal melewati sejumlah lokasi ikonik Jakarta, seperti Bundaran HI, Anies belum bisa memastikannya.

"Belum, belum, sampai dengan sekarang masih banyak opsinya. Sebenarnya kan ada batasannya. Batasannya apa? Kilometernya karena ini menggunakan baterai. Ya maksimal 3 km. Kemudian.... Jadi ada banyak faktor penentuan itu," ucap Anies.

Sekretaris Mensesneg Setya Utama menyebut ada berbagai pertimbangan penolakan Monas dilintasi pembalap Formula E. Salah satunya soal cagar budaya. Setya menyebut rencana balap Formula E di Jakarta akan diizinkan jika digelar di luar kawasan Monas. Hingga kini, izin tersebut belum dikeluarkan.

Untuk diketahui, Kemensetneg mengatakan sudah ada pengajuan izin ke Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka terkait gelaran Formula E 2020. Izin diajukan lantaran lintasan yang dipakai masuk ke kawasan Monas, Jakarta Pusat.

"Formula E nanti saya sampaikan rapat komrah (komisi pengarah), bahwa komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas, dengan banyak pertimbangan, di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan," kata Setya di kantornya, Jl Majapahit, Jakarta Pusat, Rabu (5/2).

(gbr/hri)