Mesin Waktu

Kisah Janda Lahirkan Dua Anak dari Suami yang Telah Wafat

pal - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 16:55 WIB
Diane Blood bersama kedua anaknya (Dok. Telegraph)
Foto: Diane Blood bersama kedua anaknya (Dok. Telegraph)
Jakarta -

Tepat 23 tahun lalu, pengadilan di Inggris memenangkan permohonan seorang janda bernama Diane Blood yang ingin memperoleh anak menggunakan sperma suaminya Stephen yang telah meninggal dunia.

Cerita ini berawal dari keinginan pasangan yang sudah tiga tahun menikah ini memiliki anak. Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, Februari 1995 Stephen terkena meningitis. Dengan cepat, kondisinya makin memburuk bahkan kemudian sekarat.

Dilansir The Guardian, Diane yang tengah panik mengingat percakapan dengan suaminya soal anak. Setelah meminta persetujuan keluarga besar, dengan gentar dia mendekati dokter meminta sperma Stephen diambil. Dokter yang belum pernah menerima permohonan sejenis jadi bingung. Namun, tak ada alasan untuk menolak permintaan Diane itu.

Dokter akhirnya mengambil dua sampel sperma sebelum Stephen wafat. Diane mengatakan saat itu dirinya hanya bertindak untuk menjaga "kemungkinan" memiliki anak. Perempuan yang saat itu berusia 30 tahun itu baru menjajaki kemungkinan prosedur bayi tabung tiga bulan kemudian.

Namun, Human Fertilisation and Embryology Authority (HFEA) menolak permintaannya. HFEA beralasan tidak ada izin tertulis dari Stephen untuk bisa menggunakan sperma itu.

Kemudian terkait tujuan Diane memiliki anak. Diane dikhawatirkan menggunakan beragam cara agar punya anak sebagai pengganti suami.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3