Laporan dari Fukushima

Pemerintah Jepang Pastikan Mayoritas Lahan di Fukushima Bebas Radiasi Nuklir

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 12:39 WIB
Fukushima
Pemerintah Jepang Pastikan Mayoritas Lahan di Fukushima Bebas Radiasi Nuklir (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Fukushima -

Pemerintah Jepang memastikan kondisi di prefektur Fukushima mayoritas sudah aman dari radiasi nuklir yang terjadi pada sembilan tahun lalu. Hanya ada 2,5 persen lokasi yang masih terdampak radiasi itupun berada jauh dari pusat kota.

"Setelah sembilan tahun bencana ini, sebagian ada pemulihan, sebagian sudah maju. Tapi ada sebagian pemulihan yang agak lambat," ucap Assistant Director International Affair Division Prefektur Fukushima Oshima Yasunori, Kamis (6/1/2020).

Pemerintah Fukushima sudah melakukan pemulihan secara berkala sejak bencana itu terjadi. Pihaknya melakukan pembersihan zat radiasi dengan cara mengangkat permukaan tanah dan dipindahkan ke tempat yang aman. Limbah tersebut disimpan di suatu tempat yang jauh dari jangkauan

"Sekarang tingkat radiasinya hampir sama dengan kota lain di dunia. Sekarang 97,5 persen masyarakat bisa hidup seperti kondisi normal. Tapi memamg kami sangat mengharapkan area tanah 2,5 persen yang belum kondisi normal, akan pulih," kata dia.

Lahan 2,5 persen itu merupakan daerah yang dianggap lambat dalam proses evakuasi. Namun pemerintah Fukushima memastikan kondisi lahan yang masih terdampak radiasi itu berada jauh dari pemukiman dan pusat kota Fukushima. Lokasi ini juga cukup jauh dengan lapangan Baseball dan Softball yang rencananya dalam Olimpiade 2020 akan digelar di Fukushima.

"2,5 persen itu wilayahnya, lokasinya sangat dekat dengan PLTN (Pengendalian Nuklir Daiichi) Fukushima sehingga tingkat radiasi tinggi tapi jaraknya dengan lokasi pertandingan cukup jauh. Lapangan Baseball dan sebagainya jarak 60 kilometer dari PLTN," ujar Yoshida Hideki Deputy Director Revitalization for Evacuation Areas Division.

detikcom sendiri mengunjungi kawasan Fukushima dalam program Jenesys. Bersama 10 wartawan media massa di Indonesia lainnya, detikcom mengunjungi Fukushima sejak Rabu (5/2/2020) malam.

Kondisi di kawasan Fukushima sendiri normal seperti biasanya. Banyak toko-toko rumah penduduk hingga area perkantoran beraktivitas seperti biasanya. Aktivitas warga Fukushima tak ubahnya dengan di kota lain di Jepang misalnya Tokyo. Namun memang kawasan Fukushima cenderung lebih sepi.

Simak Video "Jepang Pastikan 10 Penumpang Kapal Pesiar Positif Corona"

[Gambas:Video 20detik]

(dir/dhn)