Melihat Lagi Rencana Sirkuit Formula E Masuk Monas yang Ditolak Setneg

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 10:25 WIB
Pohon-pohon di kawasan Monas yang ditebang akibat revitalisasi Plaza Selatan Monas mulai diganti. Rencananya ada 573 pohon yang akan ditanam.
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Gelaran Formula E sudah pasti akan diselenggarakan di Jakarta. Namun, trek balap yang awalnya akan masuk ke kawasan Monumen Nasional (Monas) ditolak.

Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) tak setuju bila sirkuit tersebut masuk ke area Monas. Sekretaris Mensesneg Setya Utama menyebut ada berbagai pertimbangan, salah satunya soal cagar budaya.

"Formula E nanti saya sampaikan rapat komrah (komisi pengarah), bahwa komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas, dengan banyak pertimbangan, di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan," kata Setya di kantornya, Jl Majapahit, Jakarta Pusat, Rabu (5/2).

Ini berbeda dengan rencana awal penetapan sirkuit Formula E. Dalam rapat dengan Komisi D, PT Jakarta Propertindo (JakPro) memaparkan slide rencana sirkuit tersebut. Jalan yang digunakan adalah Jalan Medan Merdeka Selatan, kemudian masuk ke area Monas.

Melihat Lagi Rencana Sirkuit Formula E Masuk Monas yang Ditolak SetnegFoto: Arief Ikshanudin/detikcom

Garis start akan dimulai dari Jalan Medan Merdeka Selatan ke arah patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda. Kemudian, masuk ke kawasan Monas dari gerbang silang barat daya Monas, yakni pertemuan Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Lintasan menuju tengah tugu Monas kemudian berputar menuju pintu gerbang di belakang Stasiun Gambir. Lintasan kemudian kembali ke Jalan Medan Merdeka Selatan.

Simak Video "Usai Gundul Akibat Revitalisasi, Monas Kini Ditanami Pohon Kembali"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2