Mardani Ingin WNI Eks ISIS Dipulangkan dan Dijaga: Kasihan Mereka

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 08:32 WIB
Mardani Ali Sera di Reuni 212 (Farih/detikcom)
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera (Farih/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera ingin pemerintah memulangkan para warga negara Indonesia (WNI) eks ISIS ke Tanah Air. Pemulangan WNI eks ISIS perlu dilakukan dengan penanganan serius, sama seperti negara menangani WNI yang pulang dari wilayah terpapar virus corona.

"Mereka juga mesti diurus negara, karena memang negara mesti hadir," kata Mardani dalam keterangan persnya, Kamis (6/2/2020).

Mardani setuju dengan pemulangan WNI eks ISIS dilakukan dengan menyertakan program deradikalisasi, melibatkan Kementerian Agama, Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Sosial, hingga kementerian bidang perekonomian. Jangan sampai eks ISIS pulang, merasa tak diperhatikan negara, dan akhirnya kembali lagi menjadi teroris.

"Kalau tidak ditangani, seperti penyakit, tidak sembuh tapi malah menular, seperti virus corona," kata Mardani, dalam keterangan terpisah kepada wartawan.

Menurutnya, program deradikalisasi tidak hanya bersifat responsif-insidentil kepada para eks teroris, namun perlu juga menitikberatkan pada pencegahan, di antaranya upaya-upaya intelijen yang proaktif, kebijakan kontra-radikalisasi selain deradikalisasi, peran serta dari masyarakat, dan pendekatan-pendekatan kebijakan yang lunak.

Selanjutnya
Halaman
1 2