Pameran Arsip 70 Tahun Indonesia-Rusia Tampilkan Dokumen Sejarah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 01:24 WIB
Pameran arsip hubungan diplomatik Indonesia-Rusia di Moskow.
Foto: Dok. KBRI Moskow
Jakarta -

Perayaan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Rusia dilakukan dengan pameran arsip. Dokumen dan foto saksi sejarah 70 tahun hubungan itu dipamerkan di Moskow, Rusia.

Pameran dibuka pada Selasa (4/2/2020) waktu setempat oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov. Dari keterangan resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow yang diterima detikcom, Rabu (5/3/2020), Lavrov mengatakan bahwa pameran ini berisikan materi-materi yang luas yang menceritakan kekayaan sejarah hubungan diplomatik kedua negara sejak tahun 1950.

Hubungan tersebut berkembang di bidang politik, ekonomi dan perdagangan. Hubungan Indonesia-Rusia juga berkembang di bidang sosial, budaya serta teknik militer.

Dalam acara itu, dipamerkan dokumen tertanggal 30 November 1953 mengenai keinginan Indonesia untuk membuka Kedutaan Besar di Moskow dan dokumen balasan Moskow kepada Jakarta tertanggal 27 Desember 1953 mengenai rencana pembukaan Kedutaan Besar di Jakarta. Pada tahun 1954 kedua negara telah merealisasikan pembukaan Kedutaan Besar tersebut.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2