Round-Up

Aksi Pegawai Bank Bersekongkol, Rekening Ilham Bintang Dibobol

Zulfi Suhendra, Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 21:33 WIB
Polda Metro Jaya merilis kasus pembobolan rekening milik Ilham Bintang. Sebanyak 8 tersangka dan berbagai barang bukti dipamerkan polisi.
Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta -

Polisi akhirnya menangkap tersangka pembobol rekening wartawan senior Ilham Bintang. Ada delapan tersangka yang dipamerkan polisi hari ini, 2 di antaranya wanita.

Modus yang dilakukan para tersangka ini terbilang rapi dan sistematis. Setiap tersangka punya peran masing-masing.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut awalnya polisi menangkap tersangka D yang juga sebagai otak dari kejahatan ini. D ditangkap di kediamannya di Palembang, Sumatera Selatan.

D adalah otak dan bos dari sindikat ini. Dia membeli data nasabah bank dan slip OJK untuk mengetahui data korban yang akan dijadikan target. D mendapatkan data dari tersangka H yang bekerja di salah satu bank BPR di Jakarta.

Polisi kemudian menangkap tersangka R dan HN yang punya peran membantu H untuk menyiapkan data-data tersebut.

Setelah mendapatkan data-data itu, D kemudian meminta tersangka lain, yaitu W, AY, dan TR, di Jakarta untuk menduplikat SIM card korban. Mereka kemudian datang ke gerai Indosat yang ada di Jakarta.

Tersangka lain berinisial JW bertugas membuat KTP palsu atas nama Ilham Bintang dengan foto orang lain. Tersangka W, AY, dan TR di gerai Indosat membuat SIM card dengan data korban. Sementara D terus memastikan nomor handphone Ilham Bintang dalam keadaan mati untuk memuluskan rencana pembuatan kartu SIM baru.

Selanjutnya
Halaman
1 2