Anies Beberkan Hasil Rapat Revitalisasi Monas

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 20:44 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar rapat dengan Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg) membahas revitalisasi Monumen Nasional (Monas).
Anies Baswedan menyampaikan hasil rapat soal revitalisasi Monas. (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar rapat dengan Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg) membahas revitalisasi Monumen Nasional (Monas). Dalam rapat tersebut disepakati empat poin.

Hadir dalam rapat tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Rapat dipimpin Mensesneg Pratikno.

Anies mengatakan, dalam rapat tersebut, dia memaparkan rencana revitalisasi Monas dan dilanjutkan lebih detail oleh pemenang sayembara. Menurutnya, setelah memaparkan rencana revitalisasi tersebut, ada empat kesimpulan.

Pertama, kata Anies, penataan kawasan Selatan Monas sejalan dengan Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 1995. Menurutnya, dalam kepres tersebut bahwa di sisi Selatan Monas itu dirancang sebagai area terbuka.

"Di mana pengunjung bisa datang lalu berjalan ke arah utara langsung menghadap ke Monas, itu rancangannya ada. Di dalam Kepres 25 Tahun 95 ada gambaran umum. Lalu oleh perancang dibuat sesuai kondisi sekarang," kata Anies di kantor Kemensesneg, Jl Majapahit, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Kedua, kata Anies, komisi pengarah menghargai upaya DKI untuk melakukan penghijauan kawasan selatan Monas. Menurutnya, kawasan selatan Monas yang saat ini menjadi tempat parkir dan lengang Jakarta akan dijadikan kawasan hijau.

"Ketiga, di tempat yang sekarang dirancang menjadi arena terbuka akan dilakukan penambahan vegetasi di player box. Yang selama ini sudah ada player box nanti akan ditambah vegetasi tanaman pohon rindang pohon keras," katanya.

Terakhir, Pemprov DKI akan segera menyelesaikan desain gambar rencana revitalisasi itu untuk disepakati oleh komisi pengarah. "Lalu keempat, Pemprov DKI akan segera, gubernur dalam hal ini akan segera menggambar secara final untuk kemudian nanti secara simpulan disepakati oleh komisi pengarah," pungkasnya.

(fas/tor)