Tipu Puluhan Calon Pengantin, WO Pakai Duit buat DP Rumah-Mobil

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 20:42 WIB
Wedding Organizer penipu di Depok (Dok Istimewa)
Wedding Organizer Penipu di Depok (Foto: Istimewa)
Depok -

Pengusaha penyelenggara pesta pernikahan (wedding organizer) di Depok, Jawa Barat, telah ditangkap polisi gara-gara menipu para pengantin. Duit para pengantin yang telah ditipunya malah digunakan untuk membayar uang muka (down payment/DP) rumah.

"Ini mulai trouble itu dia mulai beli rumah, ini sudah trouble, untuk DP. Artinya, uang yang seharusnya untuk kelola pernikahan sebagian dialihkan untuk aset beli rumah, gitu," kata Kapolresta Depok Kombes Azis Andriansyah kepada wartawan, Rabu (5/2/2020).

Polisi menangkap pihak WO bernama Anwar sebagai penanggung jawab WO bernama Panda Manda, yang beralamat di Mampang, Pancoran Mas, Depok. Penangkapan dilakukan setelah 35 korban melapor ke Polresta Depok. Total kerugian korban dan calon korban ditaksir sebesar Rp 2,5 miliar. Namun, khusus untuk DP rumah, tidak sebesar itu.

"Dia baru DP menggunakan uang klien. DP Rp 300 juta, di Depok," kata polisi.

Selain untuk DP rumah, pihak WO penipu melarikan duit para pengantin untuk membeli kendaraan. Namun kendaraan-kendaraan ini semua digadaikan.

"Ada mobil, mobil operasional, mobil boks. Semua (mobil) posisi sedang digadaikan, akan kita telusuri dan bisa kita sita," kata Azis.

Selanjutnya
Halaman
1 2