3 Tersangka Pembunuh 2 Harimau di Riau Segera Disidang

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 17:41 WIB
MY (49) tersangka pembunuh dua harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) mengaku menyesal atas perbuatannya. MY kini ditahan pihak Gakkum KLHK Wilayah II Sumatera.
Tersangka pembunuh harimau (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru -

Penyidik Direktorat Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian LHK Wilayah Sumatera Seksi Wilayah II Pekanbaru menyerahkan 3 tersangka kasus pembunuhan harimau sumatera ke jaksa. Selain tersangka, barang bukti kulit dan janin harimau diserahkan.

"Kita hari ini menyerahkan 3 tersangka dan barang bukti ke Kejari Pelalawan. Ini berkas penyerahan tahap II," kata Koordinator Penyidik Gakkum Seksi Wilayah II Pekanbaru, Syufriadi, kepada detikcom, Rabu (5/2/2020).

Syufriadi menjelaskan sebelumnya pihaknya telah selesai melakukan pemberkasan terhadap penanganan perkara memiliki dan menyimpan 4 janin dan satu lembar kulit harimau. Ketiga pelakunya berinisial MY, SE, dan TS.

"Berkas perkara telah dinyatakan lengkap (P-21) oleh Kejaksaan Tinggi Riau. Sehingga kita menyerahkan tersangka dan barang buktinya ke Kejari Pelalawan," kata Syufriadi.

Ketiga tersangka dijerat dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem.

"Tadi saat penyerahan kita didampingi juga dari Korwas PPNS Polda Riau," kata Syfriadi.

Sebagaimana diketahui, tiga tersangka pada Desember 2019 diamankan karena menyimpan 4 janin harimau dan satu kulit harimau. Ini merupakan perburuan liar yang dilakukan ketiganya. Pelaku memasang kawat yang dialiri listrik dengan genset di perkebunan sawit.

Aksi pemburuan liar ini mendapatkan dua ekor harimau sumatera. Satu ekor harimau yang terjerat setrum mati dijual. Selanjutnya kembali harimau menjadi korban jerat listrik. Kondisi harimau yang terjerat lagi hamil dan dikuliti di perutnya ada 4 janin.

Simak juga video Gakkum LHK Amankan Kulit dan Janin Harimau di Riau:

[Gambas:Video 20detik]

(cha/jbr)