Round-Up

Kabar Buruk WNI Kena Virus Corona di Negeri Singa

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 05:36 WIB
tim medis virus corona
Ilustrasi penanganan virus corona (Foto: Astroboys2019 via Bored Panda)

Tanggapan dari Kemlu dan Kemenkes

Kementerian Luar Negeri RI masih mendalami informasi tersebut. Kemlu berkoordinasi dengan KBRI Singapura.

"Saya juga lagi nunggu kabar dari KBRI kita ya, kita harus double check apakah WNI atau seperti apa," kata Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah kepada detikcom, Selasa (4/2).

Saat ini, kata Faizasyah, KBRI Singapura masih berfokus mengurus urusan diplomatik RI-Singapura.

"Kebetulan teman-teman Singapura sedang konsentrasi dengan kedatangan Presiden Singapura ke Jakarta sekarang ya," ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengaku belum mendapat laporan terkait kasus tersebut. Meski begitu, ia memastikan tak akan mengevakuasi WNI yang dikabarkan positif virus corona tersebut.

"Belum itu. Saya belum sempat buka informasi karena masih ngurus yang di sini (Natuna)," jelasnya saat dihubungi detikcom Selasa (4/2/2020).

"Ya kalau di Singapura sakit, ya kenanya di Singapura lah," sambung dia.

Menurutnya, langkah ini sudah sesuai dengan aturan yang dibuat oleh WHO.

"Ya nggak boleh, jangankan yang dikonfirmasi positif. Yang belum dikonfirmasi positif saja 3 orang WNI dari Wuhan kan nggak diizinkan untuk ke Indonesia kan, yang sedang batuk sama panas itu," tegasnya.

"Regulasi dunia, protokolnya WHO mengatakan orang sakit itu tidak boleh dikemana-manain, orang sakit itu harus diisolasi, kalau jelas sakit harus diisolasi, nggak boleh dipindahin kemana-mana yang harus dilakukan adalah isolasi," ujar dia.