Putin Ditilang-Jokowi Tidak, Penggugat: Seharusnya Presiden Beri Contoh

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 17:53 WIB
MK menggelar sidang gugatan yang diajukan Mahasiswa UKI Jakarta soal lampu motor wajib dinyalakan di siang hari. Salah satu pemohon malah tidak punya SIM.
Eliadi-Ruben (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ditilang meski tidak menyalakan lampu sepeda motor di siang hari. Hal ini berbeda dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin yang memilih ditilang karena lupa memakai helm.

Mahasiswa UKI Jakarta Eliadi Hulu menyebut seharusnya juga Jokowi memberikan contoh pada warga.

"Seharusnya Pak Presiden memberikan contoh kepada masyarakatnya, bahwa ini lho saya. Presiden saja saya taat akan hukum. Walaupun saya memang melakukan pelanggaran, tetapi kemudian saya menerima sanksi yang diberikan oleh petugas kepolisian," ujar Eliadi di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020).

Eliadi yang juga penggugat aturan lampu sepeda motor wajib dinyalakan di siang hari ini menilai, masyarakat akan memiliki pandangan yang berbeda, bila Jokowi ditilang pada saat melakukan pelanggaran di jalan raya. Menurutnya, masyarakat nantinya tidak hanya memberikan apresiasi kepada Jokowi namun juga kepada pihak kepolisian yang telah menegakkan dan menjalankan aturan sesuai hukum yang berlaku.

"Saya pikir akan sangat berbeda pandangan masyarakat, apabila memang pada saat itu Pak Jokowi ditilang. Artinya bahwa hal ini memberikan sinyal kepada masyarakat, bahwa seorang Presiden saja ditilang apalagi masyarakat biasa," kata Eliadi.

"Artinya ini memberikan sinyal, bahwa masyarakat akan mengapresiasi hal itu dan juga akan mengapresiasi kinerja dari Pak Polisi. Apabila memang pada saat itu Pak Jokowi benar-benar ditilang," sambungnya.

Tonton video Polisi: 341 Pemotor Kena Tilang Elektronik:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4