Reynhard Sinaga Dikurung di Sel Maximum Security, Dipisah dari Tahanan Lain

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 12:49 WIB
Sinaga was well known in Manchester’s Gay Village and people who regularly saw him at clubs were shocked when he was arrested.
Photograph: Facebook
Reynhard Sinaga (Facebook via The Guardian)


Gulfan juga mengatakan sudah bertemu dengan Reynhard, kemarin (3/2). Dalam pertemuan itu, Gulfan mengatakan ke Reynhard terkait jaksa penuntut umum yang mengajukan banding atas putusan hakim.

"Saya kemarin, Senin, tanggal 3 Februari, baru saja bertemu dengan Reynhard di penjara untuk menyampaikan informasi bahwa pihak Kejaksaan secara resmi telah mengajukan banding atas putusan hakim di Crown Court Manchester. Dan memastikan bahwa hak-hak Reynhard sebagai terdakwa atau tahanan di Inggris telah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Inggris," tutur Gulfan.


Reynhard Sinaga divonis seumur hidup dengan minimum 30 tahun penjara atas tuduhan pemerkosaan terhadap puluhan pria di Pengadilan Manchester, Inggris. Reynhard dijerat 159 dakwaan kejahatan seksual, termasuk 136 dakwaan pemerkosaan, 8 dakwaan percobaan pemerkosaan, dan 14 dakwaan penyerangan seksual terhadap 48 pria. Tindak kejahatan ini terjadi selama 2,5 tahun, sejak Januari 2015 hingga Juni 2017.


Reynhard ditahan sejak 2017, setelah salah satu korbannya tiba-tiba sadarkan diri saat tindak pemerkosaan masih berlangsung. Korban ini melawan dan terjadilah perkelahian sehingga Reynhard mengalami luka-luka dan harus dirawat di rumah sakit.

Halaman

(zap/fjp)