Bebas Visa Bagi Turis China Dihentikan, Bagaimana Aplikasinya di Lapangan?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 11:52 WIB
Ilustrasi Paspor Indonesia
Ilustrasi (Foto: Ari Saputra)
Singkawang -

Kantor Imigrasi Non TPI Singkawang saat ini masih menunggu Peraturan Menteri terkait melalui Direktorat Jenderal Imigrasi. Hal itu menyusul dikeluarkannya instruksi dari Kementerian Kesehatan dan Gubernur Kalbar yang melarang masuknya turis asal China ke Kalbar.

"Salah satu point yang harus kita lakukan, menjalankan keputusan pemerintah untuk sementara melarang masuknya turis dari China dan melarang untuk sementara waktu WNI berkunjung ke China dalam rangka mengantisipasi masuknya Virus Corona di Kalbar," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang, Tessar, Selasa sebagaimana dilansir Antara, Selasa (4/2/2020).

Terkait hal tersebut, untuk instrumen hukum dalam hal pelaksanaan khususnya kebijakan Keimigrasian, katanya, pihaknya masih menunggu Peraturan Menteri melalui Direktorat Jenderal Keimigrasian.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa dikeluarkan," tuturnya.

Saat ini yang pihaknya laksanakan hanyalah baru berupa imbauan-imbauan atau rekomendasi dari pimpinan untuk selanjutnya menjadi rujukan dalam merumuskan Peraturan Menteri tersebut.

"Jadi saat ini sedang dirumuskan Peraturan Menteri dalam hal penanganan-penanganan antisipasi masuknya Virus Corona," ujarnya.

Simak Video "Korban Tewas Virus Corona Mencapai 425 Orang di China"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2