Jokowi Minta Kepala Daerah Tanam Vetiver untuk Atasi Banjir-Longsor

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 10:53 WIB
Jokowi di SICC
Jokowi di SICC (Marlinda/detikcom)
Bogor -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan tanaman vetiver yang dapat berfungsi mencegah banjir dan tanah longsor. Dia meminta semua pemerintah daerah menanam pohon vetiver di wilayahnya.

"Ini mau saya kenalkan, tanam yang namanya vetiver, akar wangi. Vetiver bukan beda Veti Vera, beda itu. Karena apa, dalam setahun akarnya bisa 1/2-1 meter. Ini mulai harus dikenalkan. Diperbanyak bibitnya. Sebarkan ke daerah yang memiliki ancaman bencana," kata Jokowi saat memberi pengarahan dalam Rakornas Penanggulangan Bencana di SICC, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).


Jokowi pun menceritakan soal Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah memesan 50 juta bibit. Dia meminta kepala daerah lain segera menyusul langkah Ridwan.

"Kemarin langsung Gubernur Jabar langsung pesan. Pak Jabar butuh 50 juta bibit vetiver. Saya bilang separuh sendiri, separuh dari pusat. Jangan semua dari pusat, bagi-bagi. Mungkin di Jateng, di Waduk Gajah Mungkur, sedimen masuk tiap tahun. Itu dikeruk tiap tahun nggak akan kelar kalau tidak penghijauan kembali," tuturnya.

"Ini butuh vetiver, murah. Bibit ini murah sekali. Satu batang hanya Rp 2.000. Siapa yang bilang mahal, maju, saya beri sepeda. Mahal, mahal. Rp 2.000 aja mahal. Daerah siapin ini nanti pusat ikut bantu Rp 2.000 doang," sambung dia.

Simak Video "Jokowi soal Longsor Sukajaya: Cari Tempat Relokasi Secepatnya!"

[Gambas:Video 20detik]