4 Wanita yang Dirindukan Surga

Kisah Fatimah, Putri Salihah Rasulullah yang Dirindukan Surga

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 05:26 WIB
ilustrasi Fatimah Azzahra
Fatimah Az Zahra, wanita yang dirindukan surga (Ilustrasi: Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Sosok Fatimah Az Zahra, putri bungsu Nabi Muhammad SAW dengan Siti Khadijah, tidak asing bagi kaum muslim di seluruh dunia. Allah SWT telah menjanjikan surga kepada Fatimah yang juga menjadi role model perempuan Islam tersebut.

سَيِّدَاتُ نِسَاءِ أَهْلِ الْجَنَّةِ أَرْبَعٌ: مَرْيَمُ بِنْتُ عِمْرَانَ، وَفَاطِمَةُ بِنْتُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَخَدِيجَةُ بِنْتُ خُوَيْلِدٍ، وَآسِيَةُ

Artinya: "Pemuka wanita ahli surga ada empat: Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulillah shallallahu 'alaihi wa sallam, Khadijah binti Khuwailid, dan Asiyah." (HR Muslim).

Istri khalifah Ali bin Abi Thalib RA dengan julukan Az Zahra ini memiliki karakter yang sangat mirip dengan Rasulullah SAW. Sifat Fatimah Az Zahra juga sangat pemalu, hingga permintaan kedua sebelum meninggal adalah dikubur pada malam hari.

"Ketika kau menguburku maka tutuplah seluruh tubuhku dengan baik. Saya tidak ingin siapa saja melihat bagian tubuhnya. Selain itu, kuburkanlah pada malam hari karena aku malu karena kelahiran banyak orang," kata Fatimah dikutip dari situs As-Sunna Foundation of America.

Sedangkan permintaan pertamanya adalah terkait suaminya yang kelak menjadi satu dari empat khalifah. Fatimah ingin suaminya menikah lagi sehingga bisa meneruskan tugas terkait Islam dan mengasuh putra mereka.

Ali sepeninggal Fatimah menikahi Umamah, anak perempuan dari salah seorang saudaranya, yang dikenal menyayangi Hasan dan Husain. Anak Fatimah Az Zahra dengan Ali selain Hasan dan Husain adalah Muhsin, Zaynab, dan Ummu Kultsum.

Fatimah meninggal di usia 29 tahun atau 6 bulan setelah meninggalnya Rasulullah SAW. Dia dimakamkan pada Kamis 20 Ramadhan di pemakaman Jannat al-Baqee.`

Kisah teladan Fatimah Az Zahra yang menerima kebenaran wahyu Allah SWT pada usia lima tahun dan menjadi muslim termuda, sudah seharusnya menjadi inspirasi kaum muslim.

Keunggulan sifat dan karakter tersebut seolah melengkapi kecantikan Fatimah Az Zahra yang bersinar. Wajah Fatimah Az Zahra kerap digambarkan berkulit putih dengan pipi yang kemerahan. Berikut kisah singkat Fatimah Az Zahra di berbagai tingkatan usia:

Selanjutnya
Halaman
1 2