Jokowi Minta Gubernur-Bupati Tentukan Lahan Relokasi Korban Longsor Bogor

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 14:06 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman pohon vetiver atau akar wangi di Sukajaya, Kabupaten Bogor. Penanaman pohon itu dilakukan untuk memperbaiki ekosistem di wilayah tersebut.
Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon vetiver atau akar wangi di Sukajaya, Kabupaten Bogor. Penanaman pohon itu dilakukan untuk memperbaiki ekosistem di wilayah tersebut. (Marlinda Oktaviani/detikcom)
Bogor -

Warga korban banjir dan longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan direlokasi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Bogor Ade Yasin segera menentukan lokasi relokasi.

"Tadi saya sampaikan agar nanti Bu Bupati dan Pak Gubernur menentukan lokasi secepatnya," kata Jokowi di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2020).

Jokowi mengatakan, jika lahan yang akan digunakan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN), pemerintah pusat akan turun tangan. Namun, dia meminta agar lokasi relokasi segera dipilih.

"Kalau memang itu memakai lahan PTPN itu bagian dari pemerintah pusat. Perintahkan kepada Menteri BUMN agar segera diberikan. Secepat-cepatnya," ujarnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, bila lahan relokasi sudah siap, pembangunan infrastruktur pun akan segera dikebut. Jokowi menegaskan Kementerian PUPR sudah siap membangun rumah-rumah bagi warga yang direlokasi.

"Begitu land clearing, PU masuk. Secepatnya. Kita sudah siap. Hanya tinggal penentuan lokasi di gubernur dan bupati," kata Jokowi.

Seperti diketahui, ratusan rumah di Sukajaya, Kabupaten Bogor, terkena banjir dan tanah longsor. Karena itu, Jokowi pun memerintahkan agar warga segera direlokasi untuk menghindari kejadian yang sama.

Simak Juga Video "Video Paramotor Kirim Bantuan ke Korban Longsor Sukajaya"

[Gambas:Video 20detik]

(mae/gbr)