3 WNI Gagal Keluar Wuhan, Ini Petunjuk WHO soal Deteksi Dini Corona

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 13:52 WIB
evakuasi WNI dari Wuhan
Foto: dok Kemlu RI
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengungkapkan tiga WNI yang gagal pulang ke Indonesia dari Wuhan, China karena sakit. Gagal pulangnya tiga WNI yang sakit itu disebut Terawan sesuai dengan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Seperti yang dikutip dari situs resmi WHO terkait petunjuk WHO soal perjalanan internasional dalam artikel berjudul 'WHO advice for international traffic in relation to the outbreak of the novel coronavirus 2019-nCoV' yang diunggah pada 27 Januari 2020 disebut bahwa wabah virus Corona berasal dari kota Wuhan.

WHO menyebut kota ini merupakan pusat transportasi domestik dan internasional utama. Karena itu, untuk membatasi penyebaran virus Corona yang lebih masif, dibutuhkan langkah pencegahan. WHO menyarankan salah satunya melalui penyaringan orang-orang yang akan keluar dari Wuhan.

"Lakukan penyaringan keluar di bandara dan pelabuhan internasional di daerah yang terkena. Tujuannya mendeteksi dini orang-orang yang berpergian dengan bergejala terjangkit virus untuk dievaluasi dan mendapat perawatan lebih lanjut."

Penyaringan ini termasuk memeriksa tanda-tanda dan gejala, misalnya demam di atas 38 derajat Celsius dan batuk. Kemudian melakukan wawancara para calon penumpang dengan gejala infeksi pernapasan berkaitan dengan pernah-tidaknya terkena kontak dengan penderita atau hewan sumber virus.

Simak Video "Usai Dinyatakan Negatif, Suspect Corona di Cibubur Dipulangkan"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2 3