Inspiratif! Kedai Kopi di Palangka Raya Go-Green dengan Diet Plastik

Moch Prima Fauzi - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 13:12 WIB
Grab Indonesia
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Sampah plastik sudah menjadi ancaman bagi alam, dan dalam beberapa kasus mengakibatkan kerusakan ekosistem. Gerakan diet plastik pun dilakukan untuk mengurangi dampak sampah plastik.

Seperti dilakukan oleh salah satu kedai kopi di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kedai kopi bernama Valv Coffee ini memberikan promo untuk pengunjung serta menyediakan tas khusus untuk pengantaran pesanannya.

Melansir Instagram resmi Grab Indonesia, Senin (3/2/2020), Valv Coffee akan memberikan diskon 25% bagi konsumen yang membawa tumbler sendiri. Selain itu, karena tersedia melalui GrabFood, kedai yang dimiliki oleh mantan karyawan IT ini juga memberikan tas yang bisa dipakai ulang untuk pengantarannya.

Menariknya, jika tas yang dipakai telah usang, driver bisa meminta ganti dengan yang baru. Konsep pakai ulang ini untuk menghindari kantong plastik yang umum digunakan untuk pengantaran.

Valv Coffee juga memberikan hadiah bagi driver yang nominal orderannya di atas Rp 50 ribu akan mendapatkan kopi gratis.

Rara sang pemilik, juga bekerja sama dengan LSM dan membuka ruang di tempatnya untuk mengadakan diskusi publik seperti kekerasan rumah tangga, atau dengan komunitas seni untuk unjuk kreasi.

Ia yang merupakan karyawan IT pun bisa memberdayakan sumber daya manusia lokal dengan membuka Valv Coffee.

"Bayangin, dulu aku karyawan, kini mempekerjakan tadinya 6 orang jadi 12 orang. Punya business resource dan unit suplai kopi," ungkapnya.

Selain kopi, Rara juga menghidangkan beragam menu makanan ringan dan berat seperti Ayam Mentega Pete, Breadtoast Tiramisyu, Rolade, Baso Rica dan Telor Ceplas, serta lainnya.

Simak Juga Video "Yuk Ikut Jaga Polusi dengan Naik Mobil Listrik GrabCar Elektrik"

[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)