Gus Sholah Wafat, Megawati Turut Berduka Cita

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 08:50 WIB
Hasto Kristiyanto (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Foto: Hasto Kristiyanto (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta -

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melayat ke rumah duka KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah yang meninggal dunia pada Minggu (2/2) malam. Hasto mengatakan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang juga Ketum PDIP turut menyampaikan duka cita.

"Kami sudah menyampaikan ke Ibu Megawati Soekarnoputri dan beliau menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya Gus Sholah," kata Hasto di rumah duka, Jalan Bangka Raya, Mapang, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

Dia mengatakan, keluarga besar partai berlogo banteng bermoncong putih itu turut berbelasungkawa atas wafatnya sang kiai. Hasto menyebut pemakaman Gus Sholah di Jombang akan menjadi perhatian PDI Perjuangan.

"Seluruh kader PDI Perjuangan tidak hanya mendoakan Gus Sholah agar husnul khotimah tetapi juga memberikan perhatian terhadap pemakaman beliau di Pondok Pesantren Tebu Ireng," sambungnya.

Hasto juga menjelaskan sosok Gus Sholah bagi dirinya. Sang kiai, menurutnya, memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan bangsa, khususnya dalam lingkup Nahdlatul Ulama dan Pondok Pesantren Tebu Ireng.

"Benar-benar menjaga NU pada khitahnya tahun 1926 sehingga kami sangat kehilangan dan di bawah kepemimpinan beliau Pondok Pesantren Tebu Ireng mengalami kemajuan yang begitu pesat luar biasa," ucap Hasto.

Gus Sholah meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Minggu (2/2) pukul 20.55 WIB. Jenazah akan dimakamkan di Tebu Ireng Jombang Jawa Timur sekitar pukul 16.00 WIB.

(jef/gbr)