Round-Up

Ramai-ramai Dunia Tolak Turis China Gegara Virus Corona

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 06:43 WIB
Petugas kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta terus siaga selama 24 jam guna mengantisipasi penyebaran dan masuknya virus corona asal China yang menggemparkan dunia. Begini potretnya.
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

5. Selandia Baru

Pemerintah Selandia Baru mengumumkan akan melarang masuk siapa pun dengan kewarganegaraan apa pun yang berangkat dari wilayah China masuk ke negaranya. Larangan tersebut berlaku mulai Senin (3/2) besok dan efektif untuk jangka waktu 14 hari dengan peninjauan setiap 48 jam, bagi semua pengunjung asing yang berangkat dari China ataupun hanya transit di sana.

Pemberlakuan larangan ini bersamaan dengan adanya imbauan perjalanan dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru untuk warga mereka, dalam tingkatan paling tinggi, yakni agar tidak pergi ke China.

"Kami telah diimbau oleh petugas kesehatan untuk mengambil langkah pendekatan pencegahan, sementara masih ada keraguan tentang bagaimana cara virus Corona ditularkan," kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dalam pernyataan tertulis sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (2/2/2020).

6. Australia

Pemerintah Australia juga akan melarang masuk semua warga asing yang tiba dari China daratan. Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengatakan bahwa hanya "warga negara Australia, penduduk Australia, tanggungan, wali hukum atau pasangannya" saja yang diizinkan masuk ke negeri itu dari China daratan. Aturan ini berlaku mulai hari Sabtu (1/2) ini.

"Pengaturan sedang dilakukan melalui otoritas perbatasan kita untuk memastikan bahwa itu dapat ditindaklanjuti," kata Morrison seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (1/2/2020).

Morrison mengatakan, dalam waktu 24 jam mendatang, otoritas perbatasan akan bisa meningkatkan proses untuk memeriksa siapa yang telah berangkat atau transit lewat China.

7. Korea Utara

Korea Utara juga melarang turis China untuk datang ke negara tersebut sementara waktu. Kebijakan ini diberlakukan sebagai bentuk perlindungan diri terhadap penyebaran virus corona ke Korea Utara. Sebuah agensi wisata yang kerap membawa wisatawan China mengungkapkan, semua perjalanan ke Korea Utara yang datang melalui Tiongkok dilarang.

8. Kazakhstan

Negara yang berbatasan langsung dengan China ini juga menangguhkan penerbitan visa untuk turis asal China. Kazakhstan juga melarang semua bentuk perjalanan dari dan ke China.

Halaman

(mae/dnu)