Round-Up

Akhir Kisah Buaya Berkalung Ban

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 21:17 WIB
Buaya berkalung ban di Palu, Sulawesi Tengah
Buaya berkalung ban di Sulteng (Foto: Mohammad Qadri/detikcom)
Jakarta -

Kisah buaya berkalung ban nampaknya akan segera berakhir bahagia. Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah akan segera menembak bius sang buaya demi menyelamatkannya dari jeratan ban di lehernya.

Keputusan itu diambil lantaran belum ada seorang pun yang mengikuti sayembara yang digelar BKSDA. Sayembara itu digelar atas instruksi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Longki meminta buaya tersebut dibebaskan dari jerat ban tahun 2020 ini.

Kisah buaya yang berkalung ban bekas ini sejatinya sudah jadi pemberitaan sejak 2016 lalu. Karena itu, Pemprov menargetkan sang buaya dapat merdeka tahun ini. Iming-iming imbalan pun diberikan untuk menyelamatkan buaya liar yang biasa berkeliaran di aliran Sungai Palu itu.

"Sayembara ini dimaksudkan untuk mengeluarkan ban bekas yang terlilit di leher buaya," kata Kepala BKSDA Sulawesi Tengah Hasmuni Hasmar dikutip Antara di Palu, Selasa (28/1).

"Jika ada masyarakat berhasil melepas ban bekas di leher buaya itu, kami akan berikan imbalan," kata Hasmar tanpa menyebut bentuk dan nilai imbalan yang akan diberikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3