CT Arsa Foundation Telah Bangun 100 Lebih Sekolah di Pelosok

Akfa Nasrulhak - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 19:11 WIB
CT Arsa
Sekretaris CT Arsa Foundation Latif Harnoko di acara Grand Final Cussons Bintang Kecil 8. Foto: Akfa Nasrulhak
Jakarta -

Organisasi nirlaba CT Arsa Foundation bertekad mendirikan lebih banyak sekolah bagi masyarakat tidak mampu di seluruh Indonesia. Organisasi nirlaba di bawah CT Corp yang berdiri sejak 2005 pasca-tsunami Aceh ini kini telah membangun lebih dari 100 sekolah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

"Sejak 2005, dimulai dari pasca terjadinya tsunami kita telah membangun rumah anak, PAUD hingga membangun sekolah di seluruh Indonesia yang kini telah terbangun lebih dari 100 sekolah khusus untuk anak-anak yang tidak mampu," ujar Sekretaris CT Arsa Foundation Latif Harnoko, di sela-sela acara Grand Final 'Cussons Bintang Kecil 8', di Mall Kota Kasablanka, di Jalan Casablanca, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (2/1/2020).

Adapun saat ini, CT Arsa Foundation akan membangun taman bermain anak di daerah terpencil wilayah Jabodetabek senilai Rp 750 juta. Dana tersebut merupakan donasi dari PZ Cussons, sebuah brand perawatan internasional untuk bayi, anak hingga dewasa sebagai rangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Mulanya akan dibangun 3 arena bermain anak di wilayah Muara Gembong, Cilincing dan Kapuk.

"Alhamdulillah dalam kerja sama ini PZ Cussons memberikan donasi kepada CT ARSA senilai Rp 750 juta, insyaallah akan kita gunakan untuk membangun taman anak-anak di sekitar Jabodetabek," ujar Harnoko.

Sebagai yayasan sosial yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, dan bantuan bencana alam, menurut Harnoko, CT Arsa memang sengaja membangun arena bermain di wilayah pelosok. Hal itu dilakukan agar anak-anak di wilayah pelosok juga memiliki hak yang sama untuk bisa menikmati sarana bermain.

CT Arsa Foundation Telah Bangun 100 Lebih Sekolah di PelosokFoto: Akfa Nasrulhak

"Kebetulan kita pernah berkunjung ke daerah-daerah yang memang saya lihat perlu bantuan yang sangat luar biasa. Kan kalau dibilang Muara Gombong, Cilincing dan Kapuk itu kan masuk ke kota Jakarta, hanya belum maksimal dari pemerintah yang mengakibatkan kita-kita dari perusahaan untuk membantu pemerintah agar sarana ini bisa dibangun dan anak-anak di daerah punya hak yang sama," jelasnya.

Menurut Harnoko, beberapa orang masih menganggap pendidikan anak sebagai hal yang sepele. Karenanya, kegiatan bermain merupakan bagian dari pendidikan anak yang dapat meningkatkan tumbuh kembang anak-anak.

"Di dalamnya yang pasti ada arena bermain untuk menunjang permainan anak-anak yang masih kecil sekitar 1-5 tahun. Pengelolaan taman bermain tetap dari CT ARSA dan nanti akan diberikan langsung ke pengelola setempat," jelasnya.

Sementara itu, Corporate Communication Director PZ Cussons Indonesia Elly Mustrianita mengatakan kegiatan ini merupakan dalam rangkaian kegiatan Cussons Bintang Kecil (CBK) yang telah memasuki gelaran ke-8 kalinya. Tahun ini teman CBK adalah cerianya bermain, maka pihaknya bersama-sama akan membangun taman bermain yang harapannya akan hadir lebih banyak lagi di seluruh Indonesia.

Elly menambahkan kerja sama tersebut juga bermitra dengan Alfamart, Trans Carrefour, dan Tokopedia. Dia berharap kerja sama yang dilakukan dapat memberi dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

"Dan itu kerja sama kami bersama mitra bisnis kami yaitu alfamart, Trans Carrefour dan juga Tokopedia. Apapun yang kami lakukan baik itu berbisnis harusnya baik buat konsumen dan baik buat semua orang Indonesia," kata Elly.

Selain itu, pihaknya juga menggelar kegiatan roadshow ke beberapa sekolah di kota Tangerang, Bandung, Medan, Makassar dan Surabaya. Dalam kesempatan itu, PZ Cussons memberikan sumbangan ratusan juta rupiah untuk merenovasi beberapa taman bermain dan menyumbangkan mainan bersama dengan mitra resmi kami yaitu CT Arsa Foundation.

Tonton juga Chairul Tanjung Resmikan 3 Masjid dan 9 Sekolah Baru di Palu :

[Gambas:Video 20detik]

(akn/ega)