ADVERTISEMENT

KBRI Beijing Terus Komunikasi dengan WNI di Wuhan yang Tak Lolos Screening

Andhika Prasetia - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 17:56 WIB
238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China, sudah tiba di Batam. Mereka lantas dipindahkan ke 3 pesawat TNI AU yang akan membawanya ke Natuna.
Foto: Kemlu RI
Jakarta -

Sebanyak 3 WNI dari China tidak lolos screening dan tidak bisa dievakuasi ke Tanah Air terkait wabah virus Corona (2019-nCoV). Pihak KBRI Beijing saat ini intens berkomunikasi dengan 3 WNI tersebut.

"KBRI Beijing terus menjalin komunikasi dengan ketiga WNI tersebut dan berkoordinasi dengan pihak asrama universitas serta otoritas RRT untuk memastikan kondisi dan kebutuhan yang mereka perlukan," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Minggu (2/2/2020).

KBRI Beijing berkoordinasi dengan otoritas setempat guna memastikan kebutuhan ketiga WNI tersebut terpenuhi. Pihak keluarga juga sudah dihubungi untuk diberi penjelasan.

"Kemlu juga telah menghubungi keluarga masing-masing di Indonesia," jelas Kemlu.

Saat ini, 243 orang dievakuasi dan sudah berada di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Rinciannya, 237 WNI, 1 WNA, dan 5 anggota tim pendahulu KBRI Beijing.

"Sebanyak total 243 orang berhasil dikembalikan ke Tanah Air oleh Tim Pemulangan Pemerintah Indonesia. Mereka terdiri dari 237 WNI yang tinggal di Provinsi Hubei, 1 WNA (suami WNI), serta 5 anggota Tim Aju KBRI Beijing," kata Kemlu.

Jumlah ini belum termasuk 42 tim penjemput. Jika ditotal, ada 285 orang yang diobservasi selama 14 hari di Natuna.

Tonton juga Menlu ke Tim Penjemput WNI di Wuhan: Ini Misi Mulia, Semangat! :

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT