Indonesia Hentikan Sementara Bebas Visa bagi Turis China

Andhika Prasetia - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 15:56 WIB
Menlu hingga Menkum HAM jumpa pers terkait WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Menlu hingga Menkum HAM menggelar jumpa pers terkait WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menghentikan sementara kebijakan bebas visa untuk warga negara China. Kebijakan itu berlaku bagi WN China yang bertempat tinggal di China.

"Kebijakan pemberian bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di Mainland China (China daratan, red) untuk sementara dihentikan," kata Menlu Retno LP Marsudi usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2020).

Retno juga mengatakan semua pendatang yang tiba dari China tidak diizinkan masuk ke Indonesia. Hal itu, kata dia, juga berlaku bagi warga yang berada di China selama 14 hari.

"Semua pendatang yang tiba dari mainland China dan sudah berada di sana, selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan masuk dan melakukan transit di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah sudah mengevakuasi 238 WNI dari Wuhan, China, akibat teror virus Corona. Saat ini, mereka sudah dibawa ke Natuna untuk diobservasi selama kurang-lebih dua minggu.

WNI dari Wuhan Disemprot Cairan Khusus Sebelum ke Natun:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/asp)