Pesawat TNI yang Bawa WNI dari Wuhan Tinggalkan Batam Menuju Natuna

Agus Siswanto Siagian - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 10:45 WIB
WNI dari Wuhan Tiba di Batam
WNI dari Wuhan Tiba di Batam (Agus Siswanto Siagian/detikcom)
Batam -

Tiga pesawat milik TNI AU yang membawa Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China karena teror virus Corona sudah meninggalkan Batam. Pesawat tersebut meninggalkan Batam untuk menuju Natuna, Kepulauan Riau.

Pantauan detikcom di Bandara Hang Nadim, Batam, pesawat mulai tinggal landas sekira pukul 10.30 WIB, Minggu (2/2/2020). Satu per satu dari tiga pesawat, yang terdiri dari dua pesawat Boeing dan satu pesawat Hercules, mulai meninggalkan Batam menuju Natuna untuk dikarantina. Mereka sebelumnya dibawa dari Wuhan ke Batam untuk transit.

Perjalanan ke Natuna dari Batam diperkirakan membutuhkan waktu kurang-lebih satu jam. Sebelum diberangkatkan ke Natuna, 241 WNI tersebut disterilisasi terlebih dahulu di dalam pesawat Batik Air yang mengangkut mereka dari Wuhan, Hubei, China.

Sebelumnya, Istana memastikan semua WNI yang dievakuasi dari China telah dinyatakan sehat. Mereka telah melalui prosedur kesehatan sesuai dengan standar WHO.

"Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO (World Health Organization)," kata juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, dalam pesan singkatnya, Minggu (2/2).

Ramai-ramai Warga Natuna Tolak WNI dari China:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/dhn)