RSUD Arifin Achmad Siap Operasi Siswi SMA di Kampar Idap Kanker Tulang

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Sabtu, 01 Feb 2020 21:43 WIB
Siswi SMA Terkena Kanker Tulang di Kampar
Foto: dok. Istimewa
Pekanbaru -

Siswi SMA kelas XII di Kabupaten Kampar Riau mengidap penyakit kanker tulang. Pihak rumah sakit merekomendasikan untuk dioperasi.

Kabar siswa SMA cantik yang dianggap tidak memiliki dana untuk biaya perawatan ini ramai dibahas di media sosial. Tapi ternyata siswi bernama Riska Ramadhani (17) memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Kami sudah membawa pasien tersebut ke RSUD Arifin Achmad. Soal dana pengobatan tidak ada persoalan karena ditanggung KIS," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Nazir kepada detikcom, Sabtu (1/2/2020).

Mimi menjelaskan pasien tersebut telah dirujuk ke RSUD Arifin Achmad pada Selasa (28/1). Pasien datang didampingi pihak puskesmas setempat dan Dinkes Riau.

"Telah dilakukan pemeriksaan oleh dokter di poli bedah onkologi dr Elfadri. Telah dilakukan edukasi kepada pasien dan pihak keluarganya untuk menyampaikan kondisi pasien dan tindakan yang akan dilakukan secara klinis," kata Mimi.

Persoalan paling mendasar, sambung Mimi, adalah keraguan pihak keluarga inti atas rencana tindakan amputasi yang akan dilakukan RSUD Arifin Achmad.

"Jadi bukan persoalan dana karena pembiayaan ditanggung KIS yang didanai APBN," kata Mimi.

Selanjutnya
Halaman
1 2