Catat! Tilang Elektronik Motor di DKI Berlaku Mulai 1 Februari Besok

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 21:55 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan tilang elektronik atau E-TLE bagi pengendara sepeda motor di Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakpus. Tilang elektronik diberlakukan pada 1 Februari 2020.
Foto: Ilustrasi (Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberlakukan tilang elektronik (electronic-traffic law enforcement/E-TLE) bagi motor. Penindakan akan dimulai pada Sabtu 1 Februari 2020.

"Iya mulai besok. Tanggal 1 dan 2 Februari kita berikan peringatan, penindakannya mulai 3 Februari," kata Kasubdit Gakkum DItlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar kepada wartawan, Jumat (31/1/2020).

Fahri mengatakan mekanisme tilang elektronik sepeda motor tidak ada bedanya dengan mekanisme tilang elektronik untuk mobil.

"Mekanismenya sama saja sama seperti mobil," tambahnya.

Fahri mengatakan, kamera E-TLE akan mengidentifikasi pelat nomor motor yang melakukan pelanggaran. Pelanggar nantinya akan dikirimi surat konfirmasi tilang.

Jenis-jenis pelanggaran motor yang terekam E-TLE, seperti pelanggaran marka jalan, stop line, tidak menggunakan helm hingga berkendara sambil memegang handphone.

Selanjutnya
Halaman
1 2