ADVERTISEMENT

Mesin Waktu

Ogah Dikalahkan Soviet, AS Bikin Bom Hidrogen

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 20:57 WIB
Uji coba bom hidrogen Amerika Serikat pada November 1952(Nevada Site Office Photo Library)
Foto: Uji coba bom hidrogen Amerika Serikat pada November 1952 (Nevada Site Office Photo Library)
Jakarta -

Tepat tanggal ini 70 tahun lalu, Presiden Amerika Serikat, Harry S Truman memerintahkan Komisi Energi Atom AS untuk memproduksi bom hidrogen. Perintah tersebut menurut Truman untuk memperkuat persenjataan dalam rangka keamanan nasional.

Sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata, Truman menyebut dirinya punya tanggung jawab memperkuat pertahanan negara dari segala macam kemungkinan agresi dengan perintah tersebut.

Bom hidrogen itu menurut Truman merupakan sebuah perkembangan progresif dari produksi uranium-plutonium bom atom. "Ini sebuah kelanjutan kerja komisi terkait segala bentuk senjata atom, termasuk hidrogen atau bom super," ujar Truman seperti yang dikutip The New York Times.

Tak lebih dari lima bulan sebelumnya Truman mengungkapkan Uni Soviet berhasil atas uji coba bom atom. Ini menandakan saat itu dominasi AS atas teknologi bom atom sepenuhnya telah berakhir.

Setelah hampir dua tahun melakukan pengembangan, AS akhirnya melakukan uji coba bom hidrogen untuk pertama kalinya pada awal November 1952. Uji coba yang dilakukan di Enewetok, Kepulauan Marshall baru diungkap ke publik dua minggu kemudian.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT