Round-Up

Di Balik Imbauan WNI Perlu Tinggalkan China

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 20:02 WIB
Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun
Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun (Jabbar Ramdhani/detikcom)
Jakarta -

Surat imbauan KBRI Beijing yang meminta warga negara Indonesia (WNI) meninggalkan China beredar. Rupanya surat tersebut bukan ditujukan untuk semua WNI di China.

Surat yang diteken Koordinator Fungsi Protokol dan Kekonsuleran KBRI Beijing Ichsan Firdaus itu berisikan imbauan agar WNI kembali ke Indonesia hingga situasi normal. Hal itu berkaitan dengan merebaknya virus Corona yang sudah menewaskan ratusan orang.

Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun, kemudian memberi penjelasan. Djauhari mengatakan surat itu dikeluarkan atas permintaan mahasiswa di China. Sebab, universitas mereka melarang mahasiswa meninggalkan area kampus sebelum ada surat keterangan dari KBRI.

Karena itu, KBRI Beijing turun tangan. KBRI menerbitkan surat imbauan itu agar para mahasiswa di China bisa kembali ke Indonesia.

"Itu surat keterangan yang diminta mahasiswa karena beberapa mahasiswa minta surat keterangan karena diminta kampusnya. Jadi surat dibuat generik saja," kata Djauhari kepada wartawan, Jumat (31/1).

Tonton juga Pemerintah Kirim Rp 133 Juta untuk 243 WNI di China :

Selanjutnya
Halaman
1 2