Jadi Perantara Suap, 2 Anak Buah Eks Gubernur Kepri Dituntut 5 Tahun Bui

Faiq Hidayat - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 15:07 WIB
2 Anak Buah Nurdin Basirun Dituntut 5 Tahun Bui
Foto: 2 Anak Buah Nurdin Basirun Dituntut 5 Tahun Bui (Faiq-detikcom)


Jaksa juga mengatakan, Edy Sofyan dan Budy Hartono menerima uang SGD 6 ribu dari Kock Meng melalui Abu Bakar. Uang tersebut diserahkan keduanya kepada Nurdin. Uang bertujuan untuk pengurusan izin reklamasi yang diajukan Kock Meng.

"Berdasarkan fakta hukum tersebut diatas, tampak sebagai maksud dan kehendak dari penerimaan uang yang dilakukan Nurdin Basirun bersama-sama dengan Edy dan Buddy agar Nurdin Basirun selaku Gubernur Kepri menandatangani surat izin prinsip pemanfaatan laut atas nama pemohon Kock Meng. Maka unsur menerima hadiah atau janji telah terpenuhi dalam perbuatan terdakwa sehingga telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum," kata jaksa.


Selain itu, jaksa meminta hakim mengabulkan justice collaborator (JC) yang diajukan Budy Hartono. Sebab Budy Hartono bukan pelaku utama dan mengungkap kasus gratifikasi Nurdin Basirun.

"Berdasarkan surat pimpinan karena Budy Hartono bukan pelaku utama, mengungkap kasus gratifikasi Nurdin Basirun dan kooperatif sejak penyidikan sampai penuntutan," kata jaksa.

Halaman

(fai/zap)