Jadi Perantara Suap, 2 Anak Buah Eks Gubernur Kepri Dituntut 5 Tahun Bui

Faiq Hidayat - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 15:07 WIB
2 Anak Buah Nurdin Basirun Dituntut 5 Tahun Bui
Foto: 2 Anak Buah Nurdin Basirun Dituntut 5 Tahun Bui (Faiq-detikcom)


Jaksa mengatakan, saat itu Kock Meng ingin mengajukan permohonan izin prinsip pemanfaatan laut untuk restoran dan penginapan terapung di daerah Tanjung Piayu Batam. Setelah itu, Johanes Kodrat mengenalkan Abu Bakar ke Kock Meng yang mengurus surat izin usaha itu.

Atas permohonan izin itu, Budy Hartono menyampaikan kepada Abu Bakar syarat pengajuan ada biaya pengurusan sejumlah Rp 50 juta. Permintaan itu disetujui, Kock Meng memberikan uang ke Abu Bakar melalui Johanes Kodrat.

Abu Bakar menyerahkan Rp 45 juta kepada Budy Hartono di rumah Edy Sofyan, sedangkan Rp 5 juta digunakan Abu Bakar untuk biaya operasionalnya. Surat izin tersebut pun Edy dan Buddy.


Kock Meng pun kembali meminta bantuan menerbitkan surat izin prinsip pemanfaatan ruang laut yang berlokasi di di Tanjung Piayu, Batam seluas 10,2 hektare. Namun Budy meminta uang sebagai syarat pengurusan izin itu.

Atas permintaan itu, Budy menerima SGD 5 ribu dari Kock Meng melalui Abu Bakar yang langsung menyerahkan ke Edy. Uang itu digunakan saat Nurdin Basirun melakukan kunjungan ke pulau-pulau yang dilanjutkan makan bersama dengan rombongan. Surat izin itu diterbitkan dan sudah ditandatangani Nurdin.

Simak Video "4 Bulan Bui Untuk Lutfi Si Pembawa Bendera"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2 3