KJRI Jeddah Kembangkan Kerja Sama Pendidikan RI-Saudi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 04:27 WIB
KJRI Jeddah kembangkan kerja sama pendidikan RI-Saudi (Dok. KJRI Jeddah)
Foto: KJRI Jeddah kembangkan kerja sama pendidikan RI-Saudi (Dok. KJRI Jeddah)
Jakarta -

KJRI Jeddah mengundang perwakilan dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Undangan tersebut dalam rangka mengembangkan kerja sama pendidikan antara Indonesia dengan Arab Saudi.

Konjen RI Jeddah, Eko Hartono didampingi Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial Budaya Agus Muktamar dan Plh Kepala Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) Nelly Yuliana, menerima Rektor UNY Sutrisna Wibawa dan Dekan Fakultas Vokasi Universitas Gadjah Mada Wikan Sakarinto. Dengan UNY, KJRI Jeddah membahas pembaharuan nota kesepahaman yang akan berakhir pada 2020.

"Kedua belah pihak menyepakati untuk memperpanjang kerja sama khususnya dalam memberi akses pendidikan ke siswa Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dan Sekolah Indonesia Mekkah (SIM). Saat ini telah terdapat 18 lulusan kedua sekolah yang kuliah di UNY. Rektor secara tegas menyatakan akan terus membuka pintu kampusnya untuk anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri," demikian keterangan tertulis KJRI Jeddah yang diterima, Jumat (31/1/2020).

Sementara itu, KJRI Jeddah dan UGM akan memulai pembahasan draf kesepakatan. Kesepakatan itu terjalin dalam rangka membantu lulusan SIJ dan SIM dapat melanjutkan pendidikan vokasi di UGM.

"Dekan Fakuktas Vokasi UGM juga menegaskan kesiapannya untuk bekerja sama dalam membantu lulusan SIJ dan SIM melanjutkan kuliah vokasinya di UGM. Sebagai tahap awal, KJRI Jeddah dan UGM akan memulai pembahasan draf kesepakatan," bunyi keterangan KJRI Jeddah.

Selain itu, Eko Hartono menyebut pihaknya siap untuk menjembatani kerja sama antara UNY dan UGM dengan institusi pendidikan di Arab Saudi seperti Universitas Ummul Quro Mekkah, Universitas Islam Madinah dan King Abdulaziz Univerity Jeddah. Eko berharap kerja sama antar kampus itu dapat terwujud melalui pertukaran tenaga pengajar, joint publication and research dan pertukaran mahasiswa.

"Rektor UNY dan Dekan Vokasi UGM menyambut baik inisiatif Konjen Jeddah tersebut. UNY dan UGM siap mendukung pelembagaan kerja sama dengan kampus-kampus di Arab Saudi," sebut dia.

(fas/gbr)